Piala Dunia 2014 – 10 pelatih dengan honor tertinggi di Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 – Daily Mail melakukan perhitungan tentang siapa pelatih termahal di kanca Piala Dunia 2014 ini. Hasilnya adalah Fabio Capello yang merupakan pelatih timnas Rusia, mendapatkan honor sebesar 6,7 juta poundsterling atau sekitar 132 miliar rupiah per tahunnya oleh Federasi Sepakbola Rusia. Seperti yang diberitakan Daily Mail, pendapatan Capello diperoleh melalui kontrak yang berdurasi cukup panjang dengan timnas Rusia, dimana pelatih yang berasal dari Italia tersebut akan menangani tim ‘Beruang Merah’ sampai menuju Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia.

Pada posisi kedua, yakni dibawah Capello, merupakan Roy Hodgson, pelatih timnas Inggris yang mendapatkan honor sebesar 3,5 juta poundsterling per tahun, hampir setengah dari gaji Capello. Cesare Prandelli, yang merupakan pelatih Italia menempati posisi ketiga dengan honor sebesar 2,58 juta poundsterling per tahun oleh Italia, disusul oleh Luis Felipe Scolari, pelatih timnas Brasil dengan honor sebesar 2,4 juta poundsterling dan Ottmar Hitzfeld dari Swiss dengan honor sebesar 2,2 juta poundsterling per tahun.

Vicente del Bosque yang sukses memboyong Spanyol meraih Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012, hanya menempati posisi ketujuh dengan honor sebesar 2,02 juta poundsterling yang bahkan berada dibawah pelatih timnas Jerman, Joachim Loew dengan honor sebesar 2,1 juta poundsterling per tahun.

Bahkan yang untuk lima pelatih dengan penghasilan terendah adalah para pelatih yang menangani timnas mereka masing-masing yang antara lain adalah Stephen Keshi, pelatih timnas Nigeria dengan honor sebesar 234 ribu poundsterling; Safet Susic, pelatih timnas Bosnia-Herzegovina dengan honor sebesar 210 ribu poundsterling; Niko Kovac, pelatih timnas Kroasia dengan honor sebesar 162 ribu poundsterling; James Kwesi Appiah, pelatih timnas Ghana dengan gaji sebesar 150 ribu poundsterling; dan yang menduduki peringkat terbawah adalah Miguel Herrera, pelatih timnas Meksiko dengan honor sebesar 125 ribu poundsterling. Daily Mail juga memberitakan bahwa honor Capello yang hampir mencapai 7 juta poundsterling per tahun tersebut bernilai 763 kali lipat dari rata-rata pendapatan masyarakat Rusia per tahunnya yang berada di angka 8.773 poundsterling.

Akan tetapi, Capello masih kalah terhadap Sabri Lamouchi yang digaji oleh Pantai Gading dengan honor sebesar 681 ribu poundsterling per tahun, yang nilainya mencapai 795 kali dari rata-rata pendapatan per tahun masyarakat disana yakni 778 poundsterling. Jika gaji ke-32 pelatih di Piala Dunia tahun ini ditotalkan, jumlah tersebut mencapai angka 39,1 juta poundsterling dengan rata-rata sekitar 1,2 juta poundsterling. Akan tetapi, jumlah tersebut masih kalah dengan gaji rata-rata seluruh manajer klub di Inggris yang bernilai 1,25 juta poundsterling per tahunnya.

Berikut 10 daftar pelatih dengan honor tertinggi di Piala Dunia 2014: 1. Fabio Capello (Rusia) : 6,7 juta poundsterling. 2. Roy Hodgson (Inggris) : 3,5 juta poundsterling. 3. Cesare Prandelli (Italia) : 2,5 juta poundsterling. 4. Luis Felipe Scolari (Brasil) : 2,4 juta poundsterling. 5. Ottmar Hitzfeld (Swiss) : 2,2 juta poundsterling. 6. Joachim Loew (Jerman) : 2,1 juta poundsterling. 7. Vicente del Bosque (Spanyol) : 2,02 juta poundsterling. 8. Louis van Gaal (Belanda) : 1,63 juta poundsterling. 9. Alberto Zaccheroni (Jepang) : 1,625 juta poundsterling. 10. Juergen Klinsmann (USA) : 1,5 juta poundsterling.